oleh

Bupati Kepsul Silaturahmi dengan Nelayan Desa Malbufa

SULA– Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes, silaturahmi dengan masyarakat nelayan Desa Malbufa Kecamatan Sanana Utara, Kamis (19/9).

Silaturahim Bupati dengan masyarakat nelayan itu, untuk memberikan inovasi dan ide untuk kemajuan pada sektor perikanan dan kelautan, khususnya bagi nelayan.

Kegiatan silaturahmi yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Sula ini, juga dihadiri oleh beberapa Kepala Desa (Kades) yang ada di Sanana Utara, diantaranya Kades Fukweu, Kades Wainin, Kades Fokalik, Kades Malbufa serta masyarakat Desa Malbufa.

Foto: Bapati dan nelayan setelah penyerahan kartu Asuransi untuk nelayan

Silaturahim tersebut juga diwarnai dengan penyerahan kartu Asuransi untuk kelompok nelayan, yang terdiri dari perwakilan di beberapa Desa, dan juga 1 unit Fiber kepada Kelompok Nelayan.

“Kegiatan seperti ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahim untuk saling memberikan informasi, demi mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh nelayan, kata Bupati.

Bupati menegaskan, agar Kepala Desa bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) itu dengan baik, saling keterbukaan dengan masyarakat, saling berkoordinasi dengan Dinas-Dinas terkait, agar jangan nanti kita di Pemerintah Kabupaten bangun kemudian di Desa juga ikut bangun, berarti akan terjadi kesenjangan dan kesalahpahaman antara masyarakat dengan pemerintah daerah, jadi harus lebih banyak berkoordinasi, tegasnya.

“Desa harus mempunyai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan juga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) supaya bisa disinkrongkan, agar semua bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan bersama, Kepala Desa harus benar-benar mengetahui itu”, ujar Bupati.

Sebab, pembangunan di Desa Malbufa itu sangat bagitu cepat maju, tapi kalau tidak diiringi dengan bagaimana sumberdaya manusia, maka apa artinya infrastruktur, karena tidak ada peningkatan ekonomi, jelasnya.

Ia menuturkan, DD harus lebih mengarah kepada masyarakat, bukan kelompok, supaya masyarakat juga bisa mengetahui jelas program-program di Desa dan Ju juga DD yang ada, tutur Bupati.

“Di tahun 2020 tidak harus ada kegiatan-kegiatan yang tidak efektif, yang tidak bermuara kepada kepentingan masyarakat banyak, harus kita terbuka dan lakukan yang terbaik kepada masyarakat, harap Bupati.

Sementara itu, disampaikan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Safrudin Kedafota, bahwa banyak yang sudah pak Bupati berikan kepada kita, termasuk pembangunan Fisik (taluk di Desa Malbufa) maupun juga air bersih.

Disamping itu, saya berharap, apa yang menjadi keluhan kelompok nelayan yang disampaikan pada silaturahmi hari ini, agar bisa di tindak lanjuti, demi kelancaran ekonomi yang ada di Desa Malbufa, harap Sekdes.

Senada denga itu juga, Kadis Kelautan dan Perikanan Adam Umasugi, juga menyampaikan bahwa terkait dengan pengelolaan rumput laut yang ada, kita juga suda siap salah satu petugas, yang di tempatkan di Desa ini, tetapi kita juga saat ini masi ada kendala, termasuk sarana angkutan dan sarana penunjang, untuk mobilisasi nelayan ke loang boat untuk menjaga rumput atau untuk memiliharanya.

“kesulitan kelompok nelayan ini, mereka sudah sampaikan kepada kami, dan mereka juga sudah membuat proposal, dan kami akan tindak lanjuti, sehingga ini bisa berjalan dengan lancar, tutup Adam. (Ady)

Loading...
loading...

Komentar